Mencetak Kata

C++ mengunkan notasi yang aneh bagi seorang yang bukan, atau pemula dalam hal pemrograman. Sekarang kita akan mencoba membuat program yang sangat sederhana untuk mencetak baris teks. Program ini memnuat fitur yang sangat penting dari c++. Dan saya akan menjelaskanya secara terpirinci baris perbaris.

no program
1 //program mencetak kata
2 #include <iostream>
3 #include <stdlib.h>
4
5 using namespace std;
6
7 int main(int argc, char *argv[])
8 {cout<<“Selamat datang di cpp\n”;
9
10 system(“PAUSE”);
11 return 0;
12 }

Baris 1:

Dimulai dengan //, yang menunjukkan bahwa sisa setiap baris adalah komentar. Programmer memasukkan komentar untuk mendokumentasikan program dan juga membantu orrang untuk membaca dan memahami mereka. Komentar tidak menyebabkan kompunter untuk melakukan tindakan apapun ketika program dijalankan. Teks komentar percetakan program menggambarkan tujuan program itu di buat. Sebuah awal komentar dengan // disebut komentar singgle line karena berakhir di akhir baris itu juga. Programmer juga dapat menggunakan gaya C dimana suatu komentar yang mengandung banyak karakter menggunakan tanda /* dan diakhiri dengan tanda /* pula.

Baris 2:

#include <iostream>

Adalah direktif preprosesor, yang merupakan pesan ke c++ preprocessor. Baris yang dimuali dengan # diproses oleh preprocessor terlebih dahulu sebelum program di kompilasi. baris ini memberitahu preprocessor untuk disertakan dalam isi input / output output stream header <iostream.h> file. File ini harus disertakan untuk dapat menampilkan input dan output jika menggunakan model gaya c++. Perincian mengenai header file akan coba saya jelaskan di postingan yang akan datang.

Baris Kosong:

Bertujuan untuk memudahkan programer dalam memperbaiki dan pengembangan program

Baris 7:

int main(int argc, char *argv[])

Adalah bagian dari setiap C++ program. Tanda kurung setelah main menunjukkan bahwa itu merukan blog utama suatu program yang biasa di panggil blog fungsi. Program c++ biasanya memiliki beberapa fungsi dan class. Program c++ di mulai pada main program (blog fungsi). Kata kunci int di sebelah kiri menunjukkan bahwa nanti fungsi akan di kembalikan ke bentuk integer. Kata kunci adalah kata dalam kode yang dicadangkan oleh c++ untuk penggunaan tertentu. Untuk saat ini kita hanya akan menggunakan kata kunci int untuk setiap program yang akan kita gunakan.

Baris 8:

Berfungsi untuk mencetak kata. Tidak boleh lupa dalam setiap program kita harus mengawalinya dengan tanda { dan diakhiri dengan tanda }. Dalam c++ untuk mencetak suatu karakter kita menggunakan tanda . Apabila kita telah selesai menuliskan suatu statement maka kita harus mengakhirinya dengan ;.

Baris 10, 11, 12:

Adalah salah satu cara yang digunakan untuk keluar dari suatu fungsi. Ketika pernyataan return digunakan da akhir main, seperti yang ditunjukkan diatas, nilai 0 menunjukkan bahwa program telah kita akhiri.


1 comments on “Mencetak Kata

  1. Ping-balik: Modifikasi Program C++ « Media Belajarku

Tinggalkan komentar